Rabu, 04 Juni 2008

Tugas 4 Soal Psikologi Perkembangan

Tugas kuliah psikologi pendidikan

1.Mengapa psikologi pendidikan menjadi sangat penting untuk difaham dan diterapkan oleh guru, saat memfasilitasi proses pembelajarannya ?

Alasannya:

Karena psikologi pendidikan dapat membantu para guru atau calon guru dalam mengembangkan pemahaman yang lebih baik mengenai pendidikan dan prosesnya ( menurut lindgern yang dikutip surya (1982)). Sedangkan menurut saya psikologi sangat penting bagi seorang guru untuk diterapkan dalam proses pembelajaran karena denagan psikologi pendidikan seorang guru dapay mengefetifkan dan mengefesienkan proses pembelajaran, agar seorang guru mampu menciptakan suasana yang menggairahkan untuk belajar bagi peserta didiknya, agar dapata membantu mengatasi masalah-masalah ybelajar dan segala sesuatunya dengan permasalah kejiwaaan peserta didik yang menghambat belajarnya. Sehingga tercapailah tujuan pendidikan yang diinginkan walaupun psilologi pendidikan bukanlah satu-satumya alatv untu memecahkan pemasalahan dalam dunia kependidikan.

2.Berikan imformasi lengkap tentang proses psikologi yang berpengaruh pada proses belajar, seperti motifsi , perasaan ingatan, fantasi, perhatian, pengamatan, tangapan,…

Jawabannya:

Motivasi adalah segala sesuatu yang menjadi pendorong tingkah laku yang menuntutu atau mendorong orang untuk memenuhi suatu kebutuhann.

Perasaan sebagai fungsi jiwa adalah mempunyai arti menilai terhadap situasi dimana dengan kita berpadu secara pribadi.situasi-situasi yang menyenangkan kita nilai secara positif, sedangkan situasi-situasi yang tidak menyenangkan kita nilai secara negatif.

Ingatan yaitu tertinggalnya bekas-bekas yang lampau ini, meskipun tidak selalu ada secara sadar namun masih dapat ditimbulkan kembali dalam kesadaran. Pada dasarnya ingatan memiliki 3 fungsi mencamkan, menyimpan, dan memproduksi.

Fantasi ialah suatu daya jiwa untuk menciptakan tanggapan-tanggapan baru dengan bantuan tanggapan-tanggapan yang sudah ada pada diri kita, jadi cirri khas dari gejala jiwa ini adalah unsure menciptakan suasana yang baru.

Perhatian ialah suatu aktivitas jiwa yang berugas selektif terhadap rangsangan-rangsangan yang sampai kepada kita.

Pengamatan atau persepsi ialah aktivitas jiwa yang memungkinkan manusia mengenali rangsangan-rangsangan yang sampai kepadanya melalui alat-alat inderanya ; dengan kemampuan inilah kemungkinan manusia/individu mengenali milieu hidupnya.

Tanggapan secara umum ialah bayangan atau kesan kenangan dari pada apa yang pernah kita kenali/amati .[1]

Dari pengertian-pengertian psikologi tersebut yang dapat mempengaruhi proses belajar yaitu motivasi ,apabila ada motivasi yang kuat tehadap belajar maka proses belajar akan menjadi mudah , walupun ada rintangan itu dapat diatasinya. Disamping tiu agar proses belajar itu lancer dan sukses maka seseorang itu harus memiliki unsure-unsur psikilogi dibawah ini dengan baik, yaitu :

· Motivasi belajar yang tinggi

· Dapat mengendalikan perasaan nya untuk slalupositif dan stabil

· Memiliki ingatan yang kuat dengan selalu rajin menghapal

· Dapat berfantasi agar dapat menghasilkan ide-ide atau karya-karya tertentu

· Dan memiliki perhatian, pengamatan dan tanggapan yang tinggi terhadap ilmu pengetahuan.



[1] Drs. M. Alisuf sabri, pengantar psikologi umum dan perkembangan, cet 2006

Tidak ada komentar: