Jumat, 30 Mei 2008

Mengapa para remaja suka bertindak kriminal ?

Para remaja yang menyimpang , misalnya suka tawuran atau sex bebas, ini dapat disebabkan perkembangan psikologisnya ada yang terhambat atau mengalami kegagalan, ini terjadi bisa jadi karena kurang perhatian dari kedua orang tuanya, pada masa pra- puberitasnya, misalnya ketika anak putra ketika menginjak remaja dan dia mengalami perubahan pada fisiknya, dan mengalami mimpi basah untuk pertama kali dia kebingungan, seharusnya orang tuanya membimbingnya dan memberitahukan perubahan itu agar dia tidak menalami keresahan yang berkelanjutan, dan mencari kepuasan aas rasa penasaranya diluar lingkungannya yang kurang baik bagi perkembangannya. Apa bia seorang remaja sudah terpengaruhi oleh lingkungannya yang kurang baik dia akan mudah terpengaruh, karena seorang remaja itu emosinya tidak stabil dan cepat terprovokatori dengan hal-hal yang memancing emosinya.

Cara mengatasinya atau solusi bagi remaja yang nakal yaitu : dia harus diperhatikan oleh kedua orang tuanya, kejiwaannya perlu diata kembali apabila orang tua tidak mampu mak abisa dibawa ke psikiater, apabila dia mengalami trauma pada waktu kecilnya hendaknya diobati dengan dikembalikan kepristiwa lalu tetapi kebalikannya dari peristiwa yang membuatnya truma diobati oleh orang yang membuat dia truma pula. Sambil diarahkan kepada kebaikan dengan cara -cara tertentu yang sesuai dengan kejiwanya.

Tugas kuliah psikologi pendidikan

1.Mengapa psikologi pendidikan menjadi sangat penting untuk difaham dan diterapkan oleh guru, saat memfasilitasi proses pembelajarannya ?

Alasannya:

Karena psikologi pendidikan dapat membantu para guru atau calon guru dalam mengembangkan pemahaman yang lebih baik mengenai pendidikan dan prosesnya ( menurut lindgern yang dikutip surya (1982)). Sedangkan menurut saya psikologi sangat penting bagi seorang guru untuk diterapkan dalam proses pembelajaran karena denagan psikologi pendidikan seorang guru dapay mengefetifkan dan mengefesienkan proses pembelajaran, agar seorang guru mampu menciptakan suasana yang menggairahkan

Tidak ada komentar: